Assalamualaikum Wr. Wb
Anak-anakku sekalian, pada kesempatan ini ibu akan membahas materi tentang penggunaan persamaan kuadrat dalam kehidupan sehari-hari.
Langkah-langkah yang perlu diperhatikan pada penyelesaian persamaan kuadrat dalam kehidupan sehari-hari adalah:
1. Baca dan pahami permasalahan yang disajikan
2. Lakukan permisalan terhadap variabel yang disajikan dalam permasalahan
3. Susun model matematika nya sehingga terbentuk persamaan kuadrat
4. Selesaikan persamaan kuadrat dengan menggunakan salah satu dari tiga langkah penyelesaian persamaan kuadrat ( memfaktorkan, melengkapkan kuadrat sempurna,dan rumus ABC).
Untuk lebih jelasnya, silahkan disimak penjabaran materi pada video berikut ini:
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=v8htHDi_P5Q
Bagaimana, apakah kalian telah memahami bagaimana cara menentukan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan persamaan kuadrat ?
Sebagai tambahan, perhatikan contoh soal dan pembahasan berikut ini:
Contoh soal 1:
1. Jumlah kuadrat dari dua bilangan cacah genap yang berurutan adalah 580. Berapakah bilangan genap yang berurutan tersebut?
Jawab:
Misalkan:
Bilangan
1 = a
Bilangan
2 = a+ 2 (bilangan genap), maka
a2 + (
a+2)2 = 580 ( a+2)2 = a2 + 4a + 4
a2 + a2 + 4a + 4 = 580
2a2
+ 4a + 4 - 580 = 0
2a2
+ 4a – 576 = 0 bagi 2,
a2
+ 2a – 288 = 0
(
a – 16 ) ( a + 18 ) = 0
a
= 16 atau a = -18 karena
bilangan cacah, maka yang diambil adalah a = 16
sehingga
:
bilangan
1 = a = 16
bilangan
2 = a + 2 = 16 + 2 = 18
jadi
kedua bilangan tersebut adalah 16 dan 18
Contoh Soal 2:
1. Jumlah
dua buah bilangan sama dengan 30. Jika hasil kali kedua bilangan itu sama
dengan 200, tentukanlah bilangan tersebut.
Jawab:
Misalkan :
Bilangan 1 = x
Bilangan 2 = y
Bil. 1 + Bil 2 = 30
x +
y = 30 y = 30 – x
x . y
= 200
x . (30 – x ) = 200
30x – x2 = 200
– x2 + 30x = 200
– x2 + 30x – 200 = 0 bagi
dengan ( - ) karena koefisien x2
negatif, sehingga:
x2 – 30x + 200 = 0
( x – 10 ) ( x – 20 ) = 0
x1 = 10 atau x2 = 20
untuk x = 10
maka y = 30 – 10 = 20 sehingga kedua bilangan tersebut adalah 10 dan 20
Contoh Soal 3:
1. Suatu
pekarangan berbentuk persegi panjang, yang memiliki ukuran panjang 7 m lebihnya
dari lebarnya. Pada sertifikat tanah tertulis luas pekarangan tersebut adalah
120 m2. Berapa meter ukuran panjang dan lebar pekarangan tersebut?
Jawab:
Misalkan lebar = a
Panjang = a + 7
Luas = panjang x lebar
120 = ( a + 7 ) . a atau
( a + 7 ) . a = 120
( a + 7 ) . a = 120
a2 + 7a = 120
a2 + 7a – 120
= 0
( a – 8 ) ( a + 15 ) = 0
a1 = 8
atau a2 = -15 , pilih a = 8
untuk a = 8 maka lebar
= 8
panjang = a + 7 = 8 +
7 = 15
Sehingga ukuran pekarangan tersebut adalah panjang = 15 m dan
lebar = 8 m.
TUGAS ( LATIHAN )
1. Jumlah dua buah bilangan sama dengan 20. Jika hasil kali kedua bilangan itu sama dengan 75 tentukan bilangan-bilangan tersebut ! tersebut.
2. Jumlah dua bilangan sama dengan 6 dan jumlah kuadrat dari masing-masing bilangan itu sama dengan 116. Kedua bilangan itu adalah .........
3. Ayah memiliki kebun seluas 108 m2. Jika ukuran panjang kebun 3m lebihnya dari lebar, berapakah panjang dan lebar kebun tersebut?
Melia
ReplyDelete